Bagai Menemukan Harta Karun, Lautan Derawan yang Menawan


Seperti menemukan sebuah permata yang indah, begitulah ungkapan yang dapat menggambarkan keindahan bawah laut kepulauan Derawan. Tempat ini memang sedikit terlambat terkenal dibandingkan dengan Bunaken, Wakatobi, dan Raja Ampat. Akan tetapi keindahannya tidak akan membuat Anda kecewa walaupun Anda harus menempuh perjalanan yang tidak mudah untuk mencapainya. Bagi Anda para penyuka kegiatan air terutama menyelam dan snorkeling, Anda harus mencoba mengunjungi Derawan untuk mendapatkan sensasi menyelam yang berbeda dari biasanya. Di sini Anda akan disambut oleh keindahan pantai pasir putih lengkap dengan keindahan yang khas di tiap pulau utamanya yang membuat Anda tidak sabar untuk melakukan beragam kegiatan yang berbau air di sini.

Lokasi dan Cara Mencapainya

Kepulauan Derawan adalah kepulauan yang berada dalam bagian Kabupaten Berau, Kaltim. Ada tiga kecamatan pada kepulauan ini yaitu kecamatan Maratua, Derawan, dan Biduk-Biduk. Pulau utama yang ada di kepulauan ini ada 4 buah, yakni pulau Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Untuk mencapai kepulauan Derawan yang indah dan eksotis, Anda memang harus benar-benar berjuang. Anda harus terbang lintas lautan dengan jalur udara jika Anda tidak berdomisili di Kalimantan. Kemudian Anda harus berkendara dari kota Berau menempuh jalur darat dengan fasilitas jalan yang belum sempurna selama 3 jam, dan mencapai pulau dengan jalur laut menggunakan speed boat dengan sistem sewa harian. Anda harus merasakan 3 jenis alat transportasi berbeda yakni darat, laut, dan udara untuk bisa mencapai tempat dengan pemandangan yang masih virgin ini. Karena masih sulit diakses, belum banyak wisatawan yang mendatangai kepulauan cantik ini.

Pemandangan pantai di kepulauan Derawan ini memang sangat menakjubkan, akan tetapi pemandangan bawah lautnya akan membuat Anda lebih terpana. Di keempat pulau utama tersebut Anda akan mendapati pemandangan bawah laut yang berbeda namun sama menariknya dengan keindahan yang tidak dapat dibandingkan satu sama lain. Terdapat 870 biota laut yang ada di sekitar kepulauan Derawan ini. Jika beruntung, Anda bahkan dapat bertemu dengan ikan pari saat sedang diving. Sebuah sensasi yang berbeda, bukan? Air lautnya yang jernih dan tidak berlumpur membuat pemandangan bawah lautnya menjadi sangat menakjubkan dan terlihat dengan jelas bahkan dengan mata telanjang dari atas kapal. Hal ini tentunya membuat kegiatan diving dan snorkeling menjadi salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan di sini.

Bagi para pecinta diving, perjuangan Anda menempuh perjalanan yang berat ke kepulauan Derawan yang menawan akan terbayar lunas begitu sampai di sana. Jadi jangan ragu untuk rencanakan liburan Anda selanjutnya ke kepulauan indah nan eksotis ini. Wisata di Indonesia tidak kalah menariknya dengan wisata di luar negeri. Ayo majukan Indonesia dengan berlibur di negeri sendiri.

Comments

Popular Posts