Siapkah Anda Untuk Menyelam di Tulamben?


Tulamben merupakan salah satu desa yang berada di pinggir laut yang sudah terkenal oleh banyak wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara di dunia. Tulamben terkenal juga karena di dasar lautan terdapat sebuah kapal puing USAT Liberty milik Amerika Serikat yang sudah sangat populer dan salah satu alasan utamanya para penyelam berkeliling dunia untuk dapat sampai ke Tulamben. Kawasan Tulamben ini sudah dikenal dan dianggap oleh banyak penyelam sebagai salah satu spot terbaik untuk menyelam yang ada di dunia. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa di Tulamben terdapat spot menarik yaitu puing USAT Liberty yang merupakan bangkai kapal dari tentara Amerika, namun sebenarnya masih banyak situs yang menarik untuk melakukan diving yaitu seperti Drop off, Seraya, dan juga Coral Garden. Dalam perjalanan untuk menuju ke arah timur laut Tulamben akan semakin menarik.

Situs Menarik di Tulamben

Bagi anda yang ingin menjelajah diving atau menyelam di Tulamben, ada beberapa situs atau tempat yang indah dan wajib untuk anda kunjungi di dasar bawah laut yang keindahannya menajubkan selain di puing kapal Usat Liberty. Di antaranya yaitu:

1. Drop Off
Tidak kalah dengan puing Usat Liberty, drop off juga merupakan situs tempat menyelam yang sempurna. Aksesnya memang lumayan jauh sekitar kedalaman 70 meter. Di tempat ini dindingnya diselimuti oleh spons serta kipas laut gorgonia. Jika anda melihat ke dalam retakan dan lubang, akan melihat persembunyian para Lion fish, kepiting, moray,dan frog fish. Namun, jika jauh dari dinding bisa melihat trigger fish, tuna, trevally, dan lainnya. 

2. Seraya Secret
Menyelam disini merupakan surga untuk para critter lover. Situs selam makro ini terkenal untuk para fotografer bawah laut di dunia. Sama seperti yang lainnya, lokasi ini berisikan pantai berpasir hitam yang tidak cukup menarik, namun ketertarikan itu akan ada ketika anda bisa menemukan macam-macam ikan laut yang langka.

3. Coral Garden
Umumnya situs ini dipilih sebagai tempat kedua setelah Puing kapal Liberty. Sama seperti Senaya, Coral Garden merupakan surganya para pecinta makro. Kebanyakan di situs menyelam disini cukup dangkal namun memiliki terumbu karang cerah dan masih sehat. Aktifitas alam makro biasanya dari kedalaman 5 meter, maka untuk pemakaian udara sedikitpun dapat digunakan untuk eksplor di waktu yang lama untuk mengambil foto.

Nah, bagaimana dengan tiga situs di atas yang memiliki keindahan dan keistimewaan masing-masing? Apakah anda masih ragu untuk menyelam di Tulamben ini? Bagi para penyelam yang berpengalaman harus mencoba situs situs di Tulamben ini, tidak hanya yang berpengalaman, untuk penyelam pemula juga dapat mencoba beberapa situs yang aksesnya terjangkau dan mudah.

Comments

Popular Posts