Lembaga Zakat Online Indonesia


Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim sangat memperhatikan aturan agama yang mewajibkan ummatnya untuk membayar zakat. Dalam hal pengelolaan dan penggunaan dana zakat yang belum optimal mendorong lembaga - lembaga zakat online di Indonesia untuk menjemput bola. Lembaga-lembaga tersebut melakukan beberapa program yang berkaitan dengan penyaluran, pengelolaan dana zakat agar lebih optimal, tidak hanya sebatas pada pemberian bantuan saja tetapi juga kelanjutan dari kehidupan si penerima dana zakat itu.

Berikut adalah beberapa lembaga zakat online Indonesia:

BAZNAS, merupakan organisasi yang resmi didirikan oleh pemerintah Indonesia sejak 2001. Dalam Undang-undang BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada presiden melalui menteri agama. BAZNAS menggunakan metode offline dan online untuk melakukan tugasnya dalam pengumpulan zakat, infak, dan sedekah. Dukungan layanan online yang dimiliki BAZNAS cukup beragam. Untuk membayar zakat secara online bisa melalui payroll system, mobile banking, dan transfer rekening bank via ATM. BAZNAS juga telah meluncurkan aplikasi untuk Android guna membantu membayar zakat dengan mudah.

Lazis Muhammadiyah (LAZISMU) adalah lembaga zakat tingkat nasional yang didirikan oleh PP Muhammadiyah tahun 2002. LAZIZMU berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya.

Dengan budaya kerja amanah, professional dan transparan, LAZISMU berusaha mengembangkan diri menjadi Lembaga Zakat terpercaya. Dengan spirit kreatifitas dan inovasi, LAZISMU senantiasa menproduksi program-program pendayagunaan yang mampu menjawab tantangan perubahan dan problem sosial masyarakat yang berkembang.



Dalam operasional programnya, LAZISMU didukung oleh Jaringan Multi Lini, sebuah jaringan konsolidasi lembaga zakat yang tersebar di seluruh propinsi (berbasis kabupaten/kota) yang menjadikan program-program pendayagunaan LAZISMU mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia secara cepat, terfokus dan tepat sasaran.

NU CARE LAZISNU merupakan rebranding Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). Sebagaimana cita-cita awal berdirinya NU CARE LAZISNU untuk membantu umat, maka NU CARE LAZISNU sebagai lembaga nirlaba milik perkumpulan Nahdlatul Ulama (NU) senantiasa berkhidmat untuk membantu kesejahteraan umat serta mengangkat harkat sosial melalui pendayagunaan dana ZAkat, Infak, Sedekah (ZIS) dan dana-dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Diantara program-program yang diluncurkan adalah Program yang berkomitmen untuk mendorong sekolah layak huni, siswa juara dan guru transformatif yang memiliki kemampuan mengajar, mendidik dan mempunyai jiwa kepemimpinan sosial

Program Kesehatan yang fokus pada bantuan peningkatan kesehatan, berupa pemberian layanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat di wilayah operasional Nucare Lazisnu Se-Nusantara

Program Ekonomi yang memberikan bantuan pengembangan, pemasaran, peningkatan mutu dan nilai tambah juga memberikan modal kerja dalam bentuk dana bergulir kepada petani, nelayan, peternak dan pengusaha mikro

Program siaga bencana yang fokus pada Rescue, Recovery dan Development.

Comments

Popular Posts