Zakat, Kewajiban Umat Muslim Yang Sering Diabaikan

Zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalankan dan dilaksanakan oleh seluruh umat muslim. Melaksanakan zakat dipercaya dapat membersihkan diri dari berbagai amalan buruk dan dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama umat muslim. Zakat sendiri biasa dilaksanakan minimal setahun sekali yang mana jika ditinggalkan maka hukumnya dosa. 


Macam-macam zakat berdasarkan ketentuannya

Disini akan dijelaskan macam-macam zakat dan ketentuannya yang mungkin Anda masih bingung untuk membedakannya. 

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah memiliki ketentuan yang wajib hukumnya dan jika Anda tidak melaksanakan zakat fitrah sekali dalam setahun maka hukumnya dosa. Satu kepala keluarga wajib menanggung zakat fitrah setiap anggota keluarganya. Zakat fitrah merupakan salah satu jenis zakat yang dipercaya dapat mengurangi tingkat kemiskinan di dunia. Zakat ini dilaksanakan tepat pada tanggal 1 syawal atau sesaat sebelum sholat idul fitri dan jumlah yang harus dikeluarkan adalah (3,5 liter/2,5 kg per jiwa)

2. Zakat Maal

Sama halnya seperti zakat fitrah, zakat maal memiliki ketentuan yang hukumnya wajib dan jika ditinggalkan maka akan menimbulkan dosa. Salah satu contoh zakat maal adalah zakat binatang ternak yang biasa dilakukan saat perayaan idul adha. Hukumnya sangat wajib bagi Anda yang mampu dari segi materi. Jenis zakat yang satu ini dapat membersihkan diri kita dari berbagai amalan buruk. Zakat Maal juga bisa dijadikan sebagai bekal amalan kita saat kita berada di akhirat nanti. 

Berikut adalah macam-macam zakat berdasarkan ketentuannya yang bisa kita pelajari agar semakin mengerti dalam mengamalkan ibadah zakat. Sesungguhnya berzakat itu cukup mudah, apalagi sekarang sudah muncul lembaga zakat berbasis online yang bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun Anda berada. 



Anda bisa menyalurkan macam macam zakat dan ketentuannya melalui lembaga kemanusiaan aksi cepat tanggap. Lembaga ini telah mngelola dan menyalurkan ratusan hingga ribuan zakat k berbagai belahan dunia. Dengan adanya lembaga zakat online, sangat memudahkan kaum muslimin dan muslimat yang ingin berzakat walaupun memiliki segudang kegiatan atau sedang menetap di negara yang mayoritas agamanya bukan muslim. 

Jadi sudah tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak menunaikan zakat, karena sesungguhnya Allah mencintai umatnya yang memiliki sifat dermawan serta rendah hati. Apalagi menyambut bulan yang suci ini, sudah saatnya berbagai lembaga kemanusiaan siap untuk melayani Anda yang ingin menjalankan kewajiban rukun islam tersebut. Zakat dapat mencegah Anda dari berbagai sifat iri hati, sombong serta dengki, yang jika dipelihara akan merugikan diri kita sendiri. 

Jangan pernah berpikir uang atau harta Anda akan habis hanya untuk berzakat, karena sesungguhnya Allah akan melancarkan rezeki Anda dan melipat gandakan pahala Anda. Banyak sekali kan manfaat yang didapat dari berzakat. 

Comments

Popular Posts