Mengenal Jenis Bumbu Dapur Untuk Mengetahui Cara yang Tepat Menyimpannya

Berbagai Jenis Bumbu Dapur
Sudah bukan rahasia lagi kalau memang bumbu adalah kunci dari kelezatan sebuah sajian masakan. Bumbu dapur sendiri macam dan jenisnya ada begitu banyak. Sehingga kiranya perlu untuk kita berkenalan supaya bisa memilih, menyimpan, dan juga menggunakan aneka jenis bumbu dapur secara tepat. Jika pemilihan, penyimpanan dan penggunaan bumbu dilakukan kurang tepat, maka hal tersebut bisa mempengaruhi cita rasa dari masakan yang kita sajikan. Nah, itulah yang akan menjadi pembahasan dalam artikel kali ini. 

Ada jenis bumbu rempah dari umbi-umbian yang antara lainnya adalah lengkuas, jahe, kunyit, kencur. Ada yang berasal dari tumbuhan seperti daun jeruk, daun salam. Dari kulit batang ada keningar, kayu manis. Dari buah, contohnya adalah jeruk nipis, dari akar contohnya bawang dan lain-lain. Dari jenis-jenis tersebut kita bisa kelompokkan juga bumbu dapur menjadi 3 bagian, yakni bumbu segar, bumbu kering dan juga bumbu buatan. Bumbu segar sendiri tidaklah lain adalah bumbu yang dibeli dan langsung digunakan dalam kondisi yang masih sangat segar seperti contohnya adalah cabai, tomat, daun salam, daun jeruk. Kemudian untuk bumbu kering sendiri tidaklah lain adaah bumbu yang kering dan umumnya dapat disimpan lebih lama dibandingkan bumbu segar, asalkan juga penyimpanannya dilakukan secara tepat yakni di wadah tertutup kedap udara. Contoh bumbu kering adalah garam, gula, merica, ketumbar, sampai dengan kemiri. Sedangkan untuk bumbu buatan adalah bumbu yang siap pakai dan sebelumnya telah diproses. Contohnya adalah kecap, saus, cuka. Jangan lupakan untuk membeli bumbu-bumbu yang siap pakai ini yang berkualitas. Anda bisa menemukan dan membelinya di Lemonilo.

Kemudian, bagaimana cara yang tepat untuk membeli dan menyimpannya. Secara singkat, tips membeli bumbu dapur yang berupa umbian sendiri pilihlah yang mulus, warnanya masih alami dan tidak terdapat bercak-bercak. Untuk bumbu yang dari daun, pilih yang masih segar, tidak layu dan helai daunnya pun masih utuh. Belilah dalam jumlah yang cukup agar tidak menyimpan terlalu banyak dan terlalu lama. Cuci semua bumbu berupa umbi sampai tidak ada kotoran yang melekat. Keringkan pada suhu ruangan, jangan dijemur di bawah sinar matahari. Berikutnya jika sudah cukup kering, bungkus dengan pastik dan simpan di tempat kering. Cara ini bisa membuat bumbu jenis umbi dapat bertahan selama kurang lebih 2 atau 3 minggu.

Mengatur Penyimpanan Bumbu Dapur dengan Benar

Menjaga kualitas bumbu dapur sebetulnya bukan sebuah hal sulit. Jika kita tahu cara yang tepat, maka semuanya bisa dilakukan dengan begitu mudah. Kita tahu kalau bumbu dapur adalah komponen yang sangat penting dalam memasak, dimana kelezatan sebuah masakan berasal dari bumbu dapur. Kalau bumbu dapur kurang terjaga kualitasnya karena penyimpanan yang kurang benar, maka akan membuat masakan pun jadinya kurang lezat bukan. Simak berikut cara tepat untuk mengatur penyimpanan berbahai jenis bumbu dapur supaya kualitasnya terjaga dengan baik :



1. Cek Persediaan Bumbu dan Bersihkan
Kamu perlu menilai kebutuhanmu akan bumbu dapur seperti apa. Cek persediaan bumbu di tempat kamu penyimpan. Apakah bumbu tersebut masih dapat digunakan atau sudah terlalu lama disimpan karena jarang digunakan. Buang bumbu yang sudah tak dapat digunakan lagi. Karena bumbu dapur yang terlalu lama disimpan pastinya tingkat aromanya sudah semakin minim.

2. Prioritaskan
Ketika membersihkan berbagai tempat bumbu dapur, pastikan bumbu-bumbu yang sering digunakan memasak ditaruh di tempat yang terjangkau dan mudah diakses ketika memasak. Contohnya saja menempatkan wadah garam dan gula didepan tempat khusus bumbu di dapur anda dan yang bagian belakang wadah ketumbar, kemiri dan lain-lain.

3. Atur Sesuai Kepribadian
Jika kamu tipe orang yang begitu visual dan tipe yang rapi, maka tips yang bisa diterapkan dalam mengatur penataan bumbu dapur adalah sebaiknya masukkan bumbu dalam jar maupun kaleng dengan menyusunnya secara rapi. Selain kamu bisa mengambil bumbu dengan mudah, penataan yang demikian ini bisa membuat bumbu di dalam wadahnya nampak lebih rapi dan cantik.

4. Tempatkan Dekat Area Memasak
Seperti yang kita tahu yang namanya bumbu dapur pastinya kebanyakan dibutuhkan untuk memasak. Oleh sebab itu, tempatkan bumbu-bumbu yang sudah anda kemas rapi dalam wadah di dekat kompor yang merupakan area memasak.

Jangan lupakan untuk selalu membeli berbagai jenis bumbu terbaik yang masih fresh. Anda bisa membeli aneka bumbu dapur siap pakai yang alami dan natural melalui Lemonilo, marketplace yang secara khusus menyediakan berbagai makanan maupun minuman sehat dan juga tentu bumbu dapur yang alami.

Comments

Popular Posts