Memilih Untuk Gap Year? Isi Kegiatan yang Bermanfaat di Bali yuk!

PIXABAY
Dilansir dari youthmanual.com, 92% Mahasiswa merasa salah mengambil jurusan kuliah. Duh, pastinya gak mau ‘kan kalau kamu, saudara,atau adik kamu sendiri sampai nyesel milih jurusan kuliah. Maka dari, Gap year kini semakin populer . Gap year yakni cuti dengan periode tertentu untuk cuti sebelum melanjutkan pendidikan sekolah atau kuliah. Gap year ini tak hanya bersantai untuk menunggu kuliah dan kerja saja, lho! Kita bisa mengenal diri sendiri dan menambah wawasan. Di luar negeri banyak anak muda yang berani mengambil gap year dan mengisinya dengan traveling ataupun kegiatan bermanfaat lainnya. 

Berencana untuk melakukan gap year? Kesempatan nih selagi ada tiket Batik Air termurah ke Bali, kamu bisa mengisi kegiatan atau aktivitas selama gap year di Bali yang pasti menambah wawasan dan juga seru, di antaranya: 

1. Menjadi Volunteer

Banyak situs dari berbagai kelompok atau organisasi yang mewadahi orang-orang yang ingin menjadi relawan sesuai dengan minatnya.Beberapa di antaranya yakni menjadi relawan di Act Global. Organisasi non-profit ini akan menempatkan relawannya di Bali. Ada dua jenis relawan yang bisa kamu pilih pribadi dan mendapatkan bantuan dana. Jika mendapatkan bantuan dana kamu akan mendapatkan akomodasi yakni tinggal bersama relawan lainnya dari seluruh penjuru dunia, mendapatkan uang saku dan makan, pelatihan, antar jemput ke dan dari bandara serta kendaraan untuk setiap aktivitas. Kecuali transportasi ke dan dari Bali tidak mendapatkan bantuan. Solusinya kamu dapat membeli tiket Batik Air termurah. Organisasi ini akan membantu kamu untuk menciptakan dan mengembangkan program sesuai dengan minat yang kamu miliki. Hanya saja, selama penempatan kamu harus menulis di blog setiap bulan dan mengikuti pertemuan regular dan berperan aktif di dalamnya. Sudah terbayangkan akan banyak pengalaman dan wawasan yang dapat kamu terima dengan menjadi relawan di Bali. 

Ada juga organisasi Bali Caring Community dimana kau bisa mendaftar menjadi relawannya dan membuat serta melakukan kegiatan sosial yang masih dalam koridor bermanfaat untuk kegiatan alam, manusia, dan lingkungan. Kemudian memberikan bantuan dalam segala bentuk dan menyalurkannya ke desa-desa terpencil. Untuk akomodasi jika kamu dari luar kota dan hanya memerlukan waktu beberapa hari bisa mencari hotel murah di Bali melalui Reservasi.com

2. Tambah Keterampilan dengan Kursus

tripadvisor
Jangan sampai keputusan untuk gap year terbuang sia-sia apalagi sudah jika sudah membayar tiket Batik Air termurah dan tinggal menghitung hari menuju ke Bali. Jangan hanya menghabiskan waktu untuk berlibur, sebaiknya kamu selingi juga untuk menambah keterampilan dengan mengikuti kursus. Banyak lho kursus yang bisa ikuti dan sesuaikan dengan minat mulai dari memasak, scuba diving, spa, mmebuat batik atau membuat perhiasan dari perak. Daerah di Bali yang terkenal sebagai tempat kursus memasak misalkan Ubud, Gianyar, Sanur, Tuban, dan Tabanan. Kamu bisa memulainya dengan mengikuti kursus di Paon Bali Sekolah Kuliner Ubud yang berlokasi di Jalan Raya Laplapan. Kamu dapat memilih jadwal kelas pagi atau sore. Kelas pagi mulai dari pukul 08.00 sedangkan kelas sore mulai dari pukul 16.00 waktu setempat. Kabar baiknya, jika kamu menginap di sekitar Ubud akan mendapatkan fasilitas shuttle service. Jika belum menemukan kamu dapat mencari hotel murah di Bali melalui Reservasi.com dan persempit pencarian hotel hanya di wilayah Ubud. Paon Bali menawarkan tempat sebuah rumah tradisional khas Bali sehingga kau benar-benar merasakan cita rasa yang kuat akan Bali. 

Jika tertarik untuk belajar scuba diving dapat memilih tempat kursus di Tulamben, Padang Bai, dan Sanur. Harganya pun bervariatif mulai dari Rp1.500.000 hingga Rp2.400.000,-sudah termasuk alat-alat menyelam, makan siang, dan instruktur. 

3. Mengunjungi Desa-Desa Wisata atau Terpencil 

Wikipedia
Bali tidak hanya punya dunia yang glamor dan senang-senang saja. Masih ada desa-desa yang menjaga nilai leluhurnya dan memilih untuk tidak mengenal teknologi. Kurang lebih ada enam desa yang bisa kamu kunjungi di Bali. Misalkan Desa Nyuh Kuning yang berada di Ubud yang masih terjaga nilai kebudayaannya dan juga lingkungannya masih asri dan sejuk. Kamu hanya perlu menggunakan sepeda untuk berkeliling desa atau belajar tarian, melukis dan membuat patung. Selain itu di Desa Nyuh Kuning pun kamu bisa lebih berbaur dan mengikuti aktivitas warganya dengan menginap di rumah warga. Atau, jika kamu suka menganasis dan suka dengan yang berbau misteri bisa mengunjungi Desa Terunyan yang memiliki adat pemakaman unik dimana ketika ada yang meninggal jenazah hanya digeletakkan di bawah pohon terunyan. Keluarga hanya membuat pagar dan sesajen. Anehnya, meskipun sudah lama hingga bertahun-tahun tidak ada bau busuk dari mayat tersebut. Hal ini dikarenakan pohon Terunyan tersebut mengeluarkan bau yang sangat harum dan pohon tersebut hanya dapat tumbuh di Desa Terunyan. Tertantang untuk memecahkan pohon Terunyan? 


Comments

Popular Posts