Tanaman Dapat Menyembuhkan Penyakit Diabetes


Tahukah kalian bahwa tanaman dapat menyembuhkan penyakit diabetes? Mari simak pembahasan tentang manfaat tanaman ganja terhadap penyakit diabetes ini. Diabetes, atau yang sering kita kenal dengan nama Hiperglikemia adalah penyakit dengan kondisi gula darah yang meningkat lebih tinggi dari batas normal pada umumnya.Penyakit ini menjadi pusat perhatian di dunia, karenajumlahnya yang tidak main-main menjadikan penyakit ini memiliki angka tinggi penyebab kematian di dunia. Para penderita diabetes pada umumnya memiliki berbagai gejala, seperti kelelahan kronis, sering buang air kecil, merasakan haus yang berlebihan, mengalami penurunan berat badan, merasakan kelaparan yang ekstrim, mengalami perubahan fisik secara mendadak, kesemutan pada tangan atau kaki, kulit menjadi sangat kering, mengalami pelambatan pada penyembuhan luka, dan mengalami infeksi yang berlebihan dari kondisi biasanya. Diabetes juga menjadi penyebab dari penyakit jantung, kebutaan, dan gagal ginjal.

Lalu apa kaitan penyakit diabetes dengan ganja? Pada tahun 2005 Aliansi Amerika untuk Medical Cannabis (AAMC) melakukan sebuah penelitian dan menyatakan bahwa ganja memiliki sejumlah manfaat bagi para pasien diabetes,sepertimenstabilkan gula darah, menjadi anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan pada arteri, dapat menurunkan tekanan darah secara berangsur, ini diketahui sebagai kemajuan yang sangatpenting bagi penderita diabetes, dapat meredakan nyeri neuropatik dan kesemutan di tangan dan kaki apabila dioleskan sebagai krim, balsam, dan salep, dapat menghilangkan kegelisahan pada penderita diabetes, dan juga membantu memperbaiki kualitas tidur bagi penderita diabetes. Ganja juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit retinopathy diabetes, yakni pada kondisi tertentu dapat mengakibatkan kebutaan. Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar gula darah yang mengakibatkan pembengkakan pembuluh darah pada retina sehingga ada cairan yang bocor ke dalam bola mata.Dengan penggunaan ganja, setiap pasien diabetes dapat mengembangkan retinopathynya, sehingga secara signifikan dapat menurunkan tekanan di dalam mata.

Tidak ada ciptaan Tuhan yang sia-sia. Nah, sekarang kita sudah tahu kan bahwa tanaman ganja dapat menyembuhkan penyakit diabetes berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Aliansi Amerika untuk Medical Cannabis. Semoga pembahasan tentang manfaat tanaman ganja terhadap penyakit diabetes bermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan manfaat tanaman ciptaan Tuhan ini.

Ada sebuah penelitian terbaru yang menemukan bahwa menggabungkan pengobatan kemoterapi dan terapi cannabinoids, senyawa aktif yang ada dalam ganja ini memiliki hasil yang lebih baik daripadakemoterapi saja. Dalam penelitian yang dilakukan tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan cannabinoids, pasien bisa menggunakan dosis pengobatan kemoterapi yang lebih rendah dari biasanya, artinya hal itu dapat meminimalisir efek samping yang ditimbulkan dari pengobatan kemoterapi yang biasanya dilakukan dan itu sangat menyiksa pasien. Sejumlah penelitian yang telah dilakukan bisa memastikan bahwa senyawa aktif dalam tanaman ganja ini dapat membantu mengurangi mual dan muntah dari pengobatan kemoterapi kanker, namun penelitian mengenai kemungkinan efek penyembuhan pada penyakit kanker dengan ganja masih belum banyak dilakukan.

Dalam hasil laporan penelitian yang diterbitkan padaInternational Journal of Oncology, mencatat pada efek kombinasi cannabinoids yang berbeda, atau lebih dikenal dengan sebutanbahwa phytocannabinoids memiliki ‘aktivitas antikanker’ bila digunakan dalam terapi. Dalam jurnal tersebut juga disebutkan bahwa sejumlah senyawa pada ganja terbukti saling membantu untuk membunuh sel leukemia dalam sebuah tes laboratorium.Para peneliti memadukan berbagai jenis cannabinoid dan menggunakannya dalam kombinasi dengan obat kemoterapi leukemia umum seperti cytarabine dan vincristine. Mereka menemukan penggunaan cannabinoids setelah pengobatan kemoterapi menghasilkan induksi apoptosis (kematian pada sel kanker) yang lebih besar.Lembaga Penelitian Kanker Inggris mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik terhadap penelitian cannabinoids namun mereka mengatakan bahwa penelitian ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Bagaimana pendapat kalian tentang manfaat tanaman ganja yang bisa menyembuhkan sel kanker pada penyakit leukimia? Semoga pembahasan tentang senyawa ganja bisa menghancurkan sel kanker pada penyakit leukimia inibermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan manfaat tanaman ciptaan Tuhan ini.

Comments

Popular Posts