Tips Memilih Mouthwash untuk Maksimalkan Kebersihan Gigi dari Plak dan Karang


Apa yang muncul di pikiran anda pertama kali saat mendengar kata plak? Plak gigi adalah substansi lengket yang terbentuk di permukaan dan sela gigi. Substansi ini merupakan bakteri yang bertumpuk di gigi dan mulut apabila anda tidak segera membersihkan gigi dan mulut setiap habis mengkonsumsi makanan bertepung atau bergula. Plak ini apabila dibiarkan akan mengeras menjadi karang gigi yang seperti anda tau, dapat mengikis gigi anda secara perlahan dan membentuk lubang. 

Jadi, selain membuat penampilan tidak menarik, plak dan karang gigi ini juga bisa membahayakan kesehatan gigi dan mulut anda sendiri. Oleh karena itu, menjaga kebersihan gigi dengan selalu sikat gigi minimal 2 kali sehari menggunakan pasta gigi yang tepat. Anda juga dapat menjaga kebersihan gigi dengan memakai dental floss atau benang yang bisa menjangkau kotoran dan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Berikutnya, anda bisa memaksimalkan kebersihan gigi dengan berkumur menggunakan mouthwash atau obat kumur. 

Saat ini, berbagai macam obat kumur telah tersedia di pasaran dengan varian rasa yang membuat anda nyaman dalam menggunakannya. Namun, tidak hanya rasanya, anda juga harus bijak dalam memilih berdasarkan kandungannya. Ada empat macam kriteria yang harus ada dalam sebotol mouthwash yang baik yaitu mengandung astringents, fluoride, dan antiplague, serta bebas alkhohol. 

Pertama, jika anda membaca ada kandungan citric acid atau zinc chloride pada botol mouthwash, maka kedua kandungan itu adalah sejenis astringent yang mengerutkan jaringan pada rongga mulut anda sehingga memberikan anda sensasi enak serta nyaman ketika berkumur. 

Biasanya untuk menambahkan sensasi dingin dan melegakan saat anda berkumur, sejenis alkhohol ditambahkan dalam mouthwash berkualitas rendah. Oleh karena itu, pastikan anda membaca label pada botol mouthwash terlebih dahulu sebelum membeli. Pastikan tidak ada alkhohol maupun turunan sejenisnya yang dapat membahayakan anda. 

Sedangkan fluoride yang sudah sering anda dengar pada semua pasta gigi, adalah zat yang bisa meningkatkan ketebalan lapisan enamel gigi. Dengan meningkatnya lapisan ini, kerusakan pada gigi seperti pengikisan atau lubang halus pun dapat dilawan. 

Yang ketiga, kandungan anti-plaque akan mendukung luruhnya plak dari permukaan dan sela-sela gigi anda. Bahkan dengan mouthwash, kebersihan gigi hingga ke garis gusi yang merupakan pertemuan antara bagian terbawah dari enamel gigi dan gusi akan ikut terjaga. 

Jika anda rutin menggunakan mouthwash atau obat kumur 1 atau 2 kali setiap hari, tidak hanya kebersihan bagian gigi dan mulut yang terjaga. Anda juga dapat terhindar dari bau mulut yang tidak sedap, dan resiko penyakit seperti sariawan dan radang rongga mulut.

Comments

Popular Posts