Kuliner Khas Jawa Barat di Kota Bandung


Kuliner adalah hasil olahan yang berupa masakan. Makanan tersebut berupa lauk-pauk hingga minuman. Karena pada setiap daerah tentu memiliki citarasa masing-masing, maka tak heran apabila setiap daerah pun memiliki tradisi kuliner yang berbeda pula. Langsung saja berikut kuliner khas jawa barat yang terletak di kota bandung. Yang pertama adalah makann perkedel kentang yang sudah dimasak atau sdah digoreng di atas tungku api, dengan menyalakan bara atau apinya dengan arang atau kayu. Mungkin cara memasaknya ini lah yang akan membuat perkedel unik ini sangat nikmat saat disajikan dalam segala suasana dengan tambahan toping berupa sambal saja sudah cukup untuk disantap menggunakan nasi yang begitu nikmat.

Beralih pada kuliner yang bercita rasa manis yakni Serabi bandung. Kuliner khas jawa barat ini kadang biasa disebut srabi atau surabi yang merupakan salah satu jajanan pasar atau cemilan ringan yang berasal dari Indonesia tepatnya kota Bandung. Serabi hampir terlihat seperti pancake namun hanya saja makanan manis ini terbuat dari tepung beras tetapi bukan tepung terigu dan diberi toping kuah cair yang sangat manis biasanya dibuat dari gula kelapa. Kuah ini cukup bervariasi menurut daerah yang terdapat di Indonesia sperti Jakarta, bandung, purwokerto, pekalongan serta solo.

Kemudian kuliner khas jabar yang berupa minuman yakni cendol yang terbuat dari bahan tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair yang manin dan tambahan santan untuk rasa gurihnya. Rasa minuman ini sangat enak. Di daerah jawa barat minuman ini dikenal dengan nama yakni cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan sebutan es dawet. Menurut kepercayaan populer pada masyarakat Indonesia bahwa istilah cendol mungkin mungkin berasal dari kata jendol yang ditemukan pada adanya bahasa sunda. Hal ini tentu merujuk pada sensasi jendolan yang akan dirasakan ketika salah satu campuran cendol yang tak lain adalah butiran cendol pada saat Anda tengah meminum es cendol tersebut. Tepung beras akan diolah dengan diberi sentuhan pewarna yang berwarna hijau kemudian di cetak melalui saringan yang khusus, sehingga memilii bentuk buliran. Pewarna yang akan digunakan awalnya ialah pewarna alami yang terbuat dari daun pandan, namun saat ini sudah banyak digunakan pewarna makanan sintetis atau buatan. Itulah kuliner khas jawa barat yang sangat enak, selamat mencoba.

Comments

Popular Posts