Alternatif Wisata di Bandung Selain Kuliner dan Belanja


Apa yang pertama terlintas dalam benak kita ketika diajak berwisata ke Bandung? Yup, apa lagi kalau bukan makan enak dimana-mana dan surganya wisata belanja. Bandung memang dikenal kaya akan tempat wisata kuliner. Mulai dari makanan khas tanah sunda, makanan dari sudut-sudut nusantara hingga hidangan mancanegara dapat kita temukan di sana. Ihwal belanja, sederet factory outlet siap memanjakan mata kita. Ketatnya persaingan industri belanja di Bandung tak ayal membuat kita dapat memperoleh produk berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau. 

Membahas wisata kuliner dan belanja memang seolah tak ada habisnya. Namun bagi kita yang sudah sering berkunjung ke sana, tentunya timbul keinginan untuk menikmati Bandung dengan cara yang berbeda. Untuk itu tidak ada salahnya mencoba mengenal Bandung lebih jauh dari sekedar wisata kuliner dan belanja. 

Sebagaimana Batavia pada masanya, Bandung juga menjadi salah satu kota yang menjadi tempat berlangsungnya berbagai peristiwa sejarah penting Indonesia. Berbagai bangunan bersejarah tersebar di beberapa sudut kota. Oleh karena itu menjajal wisata bersejarah di Bandung tentu tidak ada salahnya. Berikut adalah beberapa situs bersejarah di Bandung yang wajib anda kunjungi: 

1. Gedung Merdeka 
Gedung merdeka terletak di Jalan Asia Afrika. Gedung ini dikenal sebagai tempat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika pada tahun 1955. Padahal gedung ini memiliki sejarah lebih jauh dari itu, loh. Didirikan pada tahun 1926, gedung ini adalah saksi gigihnya pemuda Indonesia mengupayakan proklamasi kemerdekaan di masa pendudukan Jepang. Para pemuda Indonesia kala itu menyebut gedung merdeka sebagai markas komando. 

2. Gedung Sate 
Nama gedung yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Gedung ini memang menjadi salah satu bangunan ikonik di kota Bandung yang kaya akan keindahan arsitektur dan nilai sejarah. Ciri khasnya tentu saja ornamen seperti tusuk sate pada bagian atas gedung. Pada tahun 1980-an gedung ini merupakan pusat pemerintahan Jawa Barat. 

3. Hotel Savoy Homann 
Hotel yang pada awalnya merupakan properti pribadi keluarga Homann ini telah berdiri di Jalan Asia Afrika sekitar 2 dekade sebelum Indonesia merdeka. Tak heran jika hotel ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang cukup populer. Savoy Homann memiliki gaya arsitektur yang khas seperti gelombang ombak, tetap menjaga gaya lamanya meski telah ditambahi unsur-unsur modern di beberapa sudut. 

Puas dengan wisata sejarah, Bandung masih menyisakan opsi wisata lain. Agar lebih mudah dalam mengatur destinasi wisata, wisatawan dapat merancang itinerary dengan bantuan layanan travel online. Contohnya adalah one day trip coffee taste tour dan one day trip Lembang yang disediakan oleh Mister Aladin. 

One day trip coffee taste tour akan membawa wisatawan melihat proses pembuatan kopi luwak di daerah Cikole. Setelah itu wisatawan akan dimanjakan dengan pijat ampas kopi serta mengunjungi keda-kedai kopi yang unik. Sementara one day trip Lembang akan memastikan wisatawan mendapatkan pengalaman terbaik di destinasi wisata terpopuler di Bandung tersebut. 

Lelah pasca berwisata, tidak ada salahnya memanjakan diri dengan menginap di hotel kualitas juara. Berikut adalah daftar hotel bintang 5 di Bandung

- Aryaduta Bandung 
- The Papandayan 
- The Trans Luxury Hotel 
- Prama Grand Preanger 
- Padma Hotel 
- GH Universal 
- InterContinental Dago Pakar 
- Grand Aquila 
- Hilton Bandung 
- Sheraton Bandung 
- Crown Plaza, dan 
- StayGuarantee

Comments

Popular Posts